PENGARUH FACEBOOK TERHADAP
PELAJAR
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
FUJI
LESTARI
KELAS
XI IPA 1
SMA
NEGERI 1 BETUNG
DINAS
PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUASIN
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya haturkan ke hadirat Allah SWT. Berkat rahmat, taufik, dan
hidayah-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan karya tulis ilmiah
ini. Dengan judul “pengaruh facebook terhadap pelajar”. Meskipun terdapat
banyak hambatan dalam proses
pengerjaannya. Tapi saya telah berhasil menyelesaikan karya tulis ilmiah
ini tepat pada waktunya.
Tidak
lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada guru-guru dan orang tua saya yang
telah bersedia membimbing saya dalam mengerjakan karya tulis ilmiah ini. Saya
juga berterima kasih kepada teman-teman saya yang sudah memberi dukungan kepada
saya baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya tulis
ilmiah ini.
Karya tulis ilmiah ini disusun agar para
pembaca khususnya pengguna facebook dapat mengetahui beberapa manfaat dan
dampak negatif yang ditimbulkan oleh facebook. Saya berharap karya ilmiah ini
dapat bermanfaat bagi saya pada khusunya dan bagi para pembaca pada umumnya.
Penulis
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna kesempurnaan karya tulis
ilmiah selanjutnya.
BETUNG, 24 MEI
2012
PENULIS
FUJI LESTARI
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................................ 2
DAFTAR
ISI.............................................................................................................. 3
BAB
I PENDAHULUAN.........................................................................................
4
1.1.Latar
belakang................................................................................................
4
1.2.Rumusan
masalah............................................................................................ 5
1.3.Tujuan
penulisan.............................................................................................. 5
1.4.Manfaat
penulisan........................................................................................... 5
BAB
II LANDASAN TEORI...................................................................................
6
2.1.Pengertian
Facebook....................................................................................... 6
2.2.Sejarah
Facebook............................................................................................. 6
BAB
III METODE PENULISAN............................................................................
7
BAB
IV PEMBAHASAN.......................................................................................... 7
4.1.Penyebab
pelajar mendominasi penggunaan facebook.................................... 8
4.2.Manfaat
penggunaan facebook bagi pelajar.................................................... 8
4.3.Dampak
negatif penggunaan facebook bagi pelajar........................................ 9
4.4.Pengaruh
facebook bagi prestasi pelajar........................................................ 10
4.5.Tindakan
yang dapat dilakukan untuk mengatasinya
BAB
V PENUTUP................................................................................................... 10
5.1.Kesimpulan.................................................................................................... 10
5.2.Saran.............................................................................................................. 12
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................... 13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Sebelumnya, Facebook bernama The
Facebook yang hanya digunakan dikalangan Universitas Harvard saja dan kemudian berkembang
di kampus Stanford. Pada Agustus 2005 akhirnya The Facebook menamai ulang
dirinya dengan nama "Facebook"
Setelah The Facebook berganti nama
menjadi Facebook, berangsur-angsur Facebook mulai meninggalkan pembatasan
terhadap penggunanya, artinya semua orang dapat bergabung di Facebook asalkan
memiliki E-Mail yang aktif dan valid.
Perkembangan Social Media yang
semakin pesat dengan berbagai fitur yang sangat mendukung untuk mempererat
hubungan sosial memiliki banyak dampak. Social media seperti facebook yang
menjadi social media No.1 di Indonesia berdasarkan jumlah pengguna yang banyak
memungkinkan banyak pengaruh. Seringkali dampak buruk/hal negatif itu muncul
dari penggunanya. Maka dari itu kemunculan facebook ini tidak kurang akan
menimbulkan dampak positif dan negatif dari facebook.
FACEBOOK,
tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Facebook atau lebih sering kita
menyebutnya Fb. Jejaring sosial ini telah mendunia. Banyaknya pengguna facebook
mulai dari kalangan orang kantoran, dokter, guru, pelajar, sampai kalangan
orang biasa. Bahkan facebook sekarang
sudah mulai dikenal oleh masyarakat yang
berada di daerah tertinggal. Pengguna facebook terbanyak di dominasi oleh kalangan pelajar. Mulai dari
siswa SMP, SMA, dan MAHASISWA. Bahkan sekarang siswa sekolah dasar sudah
memiliki akun facebook sendiri.
Menurut survei Consumer
Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang
memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar
persyaratan layanan situs ini.
1.2.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
di atas, rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut.
1.
Mengapa pengguna
facebook didominasi oleh kalangan pelajar ?
2.
Bagaimana
manfaat facebook bagi para penggunanya
khususnya pelajar ?
3.
Bagaimana dampak
negatif yang ditimbulkan oleh facebook
bagi pelajar ?
4.
Bagaimana
pengaruh facebook bagi prestasi pelajar ?
5.
Bagaimana cara
mengatasi dampak negatif dari facebook ?
1.3.Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan
masalah diatas, tujuan penelitian ini sebagai berikut.
1.
Untuk mengetahui alasan mengapa pengguna facebook di dominasi oleh kalangan pelajar.
2.
Untuk mengetahui
manfaat facebook bagi para penggunanya khususnya bagi para pelajar.
3.
Untuk mengetahui
dampak-dampak negatif yang ditimbulkan oleh facebook bagi para pelajar.
4.
Untuk mengetahui
pengaruh facebook bagi prestasi pelajar.
5.
Untuk mengetahui
cara mengatasi dampak negatif facebook.
1.4.Manfaat Penulisan
Penelitian ini memiliki
beberapa manfaat , antara lain.
1.
Bagi para pengguna
facebook khususnya kalangan pelajar yang menggunakan facebook, agar mereka
dapat mengetahui manfaat dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh facebook,
serta mereka mengetahi cara mengatasi dampak negatif tersebut.
2.
Bagi para
pelajar agar mereka mengetahui pengaruh facebook bagi prestasi yang di raihnya.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1.Pengertian
facebook
Facebook
merupakan situs pertemanan atau jejaring sosial yang sangat terkenal saat ini.
Banyak sekali orang di dunia dan di Indonesia yang memiliki sebuah akun
Facebook, bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun Facebook.
2.2.Sejarah Facebook
Facebook pertama kali muncul dari
hobi seseorang yang bernama Mark Elliot Zuckerberg (seorang mahasiswa Universitas Harvard) pada 4
Februari 2004. Sebelumnya, Facebook bernama The Facebook yang hanya digunakan
dikalangan Universitas Harvard saja dan kemudian berkembang di kampus Stanford.
Pada saat itu, pengguna yang
terdaftar di The Facebook hanya sebatas pada orang-orang yang memiliki E-Mail
dengan ekstensi .edu. Artinya, The Facebook hanya untuk keluarga universitas
dari kampus yang didukung. Seiring berjalannya waktu, universitas yang didukung
semakin banyak hingga mencapai semua universitas di Amerika. Karena hanya untuk
kalangan universitas saja, jumlah pengguna The Facebook tetap saja masih
rendah.
Singkat cerita, Mark Zuckerberg
berhenti kuliah dan pindah ke Silicon Valley. Selanjutnya, di bulan September
2004 The Facebook mendapatkan suntikan dana dari seorang pebisnis yaitu Peter
Thiel yang merupakan pendiri PayPal. Uang sebesar $500,000 disumbangkannya
sebagai pemulaan saja. Selain Peter Thiel, seorang penanam modal yang bernama
Jim Breyer turut menyumbangkan dana sebesar $12,7 juta untuk mengembangkan The
Facebook.
Pada Agustus 2005 akhirnya The
Facebook menamai ulang dirinya dengan nama "Facebook" dan langsung
membeli domain www.Facebook.com dengan harga $200,000 USD. Setelah The Facebook
berganti nama menjadi Facebook, berangsur-angsur Facebook mulai meninggalkan
pembatasan terhadap penggunanya, artinya semua orang dapat bergabung di
Facebook asalkan memiliki E-Mail yang aktif dan valid.
Satu Tahun kemudian, tepatnya pada
September 2006, Facebook mulai memperbolehkan siapapun yang memiliki alamat
E-Mail aktif dan valid untuk mendaftar di Facebook. Dari perjuangannya
tersebut, pada periode Mei 2006 hingga Mei 2007 pengunjung Facebook tumbuh
sampai 89%.
Pada 24 Mei 2007, Facebook
menyelenggarakan acara besar yang mereka sebut dengan "F8 Event"
dengan media massa dan pembuat aplikasi untuk meluncurkan Facebook Platform. Di
acara itu, secara resmi Facebook membuka Platform-nya untuk semua orang. Ini berarti
bahwa semua orang dapat membuat aplikasi di Facebook secara gratis. Yang lebih
menarik lagi, muncul pembuat-pembuat aplikasi menawarkan bermacam aplikasinya
yang unik untuk ditambahkan ke profil pengguna Facebook. Untuk memajukan
Facebook, F8 Event ini terus diadakan sampai saat ini.
Sampai sekarang, Amerika lah yang
memiliki pengguna Facebook terbanyak setelah itu, diikuti oleh Kanada dan
Inggris. Untuk di Asia, pengguna Facebook terbanyak adalah di Cina dan
Indonesia.
BAB
III
METODE
PENULISAN
Metode yang saya gunakan adalah metode
studi pustaka, yaitu sumber tertulis seperti, buku-buku, media massa dan medi
elektronik sebagai acuan dalam mencari informasi. Selain itu, saya juga
menggunakan metode interview. Metode ini berupa Tanya jawab secara langsung
yang dilakukan dengan para pelajar SMA pengguna facebook. Dengan metode ini,
saya dapat mengetahui, apa manfaat facebook bagi mereka?
BAB
IV
PEMBAHASAN
Facebook yang
lebih kita kenal dengan fb, merupakan jejaring sosial yang sangat populer di
seluruh dunia termasuk Indonesia. Indonesia merupakan salah satu Negara yang
memiliki pengguna facebook terbanyak. Facebook sampai sekarang ini telah
memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. Lebih dari separuhnya
menggunakan telepon genggam untuk mengaksesnya. Pengguna harus mendaftar
terlebih dahulu sebelum menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat
membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan. Selain
itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang
sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau
ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar
seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". ( http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
)
4.1.Penyebab pelajar
mendominasi penggunaan facebook
Pelajar yang
sering browsing internet pasti tidak akan asing lagi jika mendengarkan kata
facebook. Karena facebook merupakan jaringan sosial yang dapat diakses melalui
internet. Jika mereka browsing internet hanya untuk mencari materi sekolah.
Maka, mereka akan merasa jenuh. Untuk menghilangkan kejenuhan itu. Mereka
membuat akun facebook. Bagi mereka facebook dapat menghilangkan rasa stress
karena banyak tugas di sekolah. Selain itu, mereka juga dapat mengenal banyak
orang yang belum pernah ia kenal atau temui sebelumya, serta mereka juga dapat
mencurahkan segala masalah atau keluhan yang mereka hadapi. Karena itulah, lebih banyak para pelajar yang
menggunakan situs ini dari pada pengguna dari kalangan yang lain.
4.2.Manfaat penggunaan
Facebook bagi pelajar
Berdasarkan interview yang saya lakukan
kepada beberapa teman saya, manfaat facebook bagi mereka adalah sebagai berikut.
1.
Dapat berkomunikasi dengan pelajar yang lain atau teman kita. Walaupun
jaraknya berjauhan. ( Irma Tarina XI IPA 1 SMA N 1 Betung )
2.
Sebagai wadah untuk menuangkan isi hati. ( Irma Tarina XI IPA 1 SMA N 1
Betung )
3.
Dapat memperoleh informasi dan menambah wawasan, serta menambah pengetahuan.
(Intan Permatasari XI IPA 1 SMA N 1 Betung)
4.
Sebagai media promosi bagi para pelajar yang ingin berbisnis jual beli
online melalui facebook. (Eka Purwati Ningsih XI IPA 1SMA N 1 Betung)
5.
Dapat menjalin pertemanan dengan teman yang belum pernah kita kenal.
(Dian Rahmadani XI IPA 1 SMA N 1 Betung)
6.
Sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan rasa jenuh. (Putri Siska
Wulandari XI IPA 1 SMA N 1 Betung)
Selain itu, ada juga beberapa manfaat facebook
yang lain bagi pelajar, seperti.
- Mengakrabkan komunikasi dengan teman dan guru. Interaksi dengan teman dan guru selama ini dibatasi oleh waktu. Dengan adanya facebook, batasan waktu interaksi tersebut bisa dipertipis. Pelajar dan para remaja bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman dan guru mereka
- Menambah waktu konsultasi dengan guru. Dengan semakin intensnya komunikasi dengan para guru, para pelajar bisa lebih mempunyai banyak waktu dan peluang untuk bisa berkonsultasi dan belajar kepada gurunya. Mereka tidak harus menunggu esok hari untuk atau waktu di sekolah untuk belajar kepada guru-guru mereka
- Memperbanyak waktu curhat. Pelajar dan remaja adalah manusia yang sedang dalam proses mencari jati diri. Banyak hal yang ingin mereka ketahui; banyak masalah yang mereka hadapi; dan banyak sosol yang ingin mereka tiru dan teladani. Di sinilah mereka membutuhkan banyak curhat dengan sesama teman mereka. Facebook membuat curhat bisa lebih mudah
- Memperluas pergaulan. Selain berteman dengan teman-teman mereka di dunia nyata, facebook memberikan peluang untuk mengenal banyak lagi teman yang lain. Sosok-sosok yang selama ini hanya mereka dengar lewat televisi, koran, atau media yang lain bisa mereka ajak untuk berteman. Mereka bisa berteman dengan pelajar-pelajar dari sekolah lain, bahkan dari negara lain. Mereka bisa berteman dengan para pengarang buku, pengarang novel dan para tokoh yang mereka gemari.
- Menambah pengetahuan. Satu hal yang harus bisa dimanfaatkan oleh para pelajar dan remaja dari facebook adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan.
4.3.Dampak
negatif penggunaan facebook bagi para pelajar
1.
Orang yang tidak
bertanggung jawab akan menggunakan facebook sebagai ajang penipuan, hal ini
marak terjadi terutama dalam jual-beli online via facebook. Banyak ditemukan
toko online fiktif dan tidak bertanggung jawab yang menawarka produk namun,
setelah pelanggan mentransfer uang via rekening, penjual menipu pembeli.
2.
Dengan cepat
menyebarnya berita melalui sosial media ini, berita
samar/kabar burung pun akan cepat tersebar. Oknum yang tidak bertanggung jawab
dapat dengan mudah menimbulkan suatu isu yang disetting sedemikian rupa
sehingga menarik untuk dibaca dan pembaca akan termakan arus dan
pandangannya.
3. Timbulnya
kriminal, penculikan, hubungan yang tidak dihalalkan seperti pacaran yang
diakibatkan karena hubungan antar pengguna facebook satu sama lain yang pada
awalnya mereka tidak saling mengenal dan kemudian tertarik diimingimingi suatu
hal, atau ingin mengenal lebih dalam pengguna facebook lainnya.
selain
itu, ada juga beberapa dampak negatif facebook lainnya bagi pelajar.
§ Mengganggu
konsentrasi belajar.
Disaat jam belajar siswa sering membuka facebook tanpa sepengetahuan guru. Sehingga
dapat mengganggu konsentrasi saat belajar. Bahkan terkadang siswa tidak
memperhatikan gurunya yang sedang menjelaskan materi pada hari itu.
§ Batasan
ranah pribadi yang menjadi kabur. Dalam facebook kita bebas menulis apa saja dan seringkali
tanpa kita sadari, kita menuliskan hal yang seharusnya tidak disampaikan
melalui jejaring sosial, maka tak jarang pengguna facebook terkadang tak sadar
menuliskan aib dirinya sendiri pada wall facebook nya.
§ Interaksi
sosial berkurang. Banyak
pelajar memilih menyendiri dirumah atau warnet ketimbang bergaul dengan
teman-teman atau anggota keluarganya. Bahkan pelajar pun sering membolos
sekolah hanya untuk pergi ke warnet.
§ Dapat
menimbulkan kesalahpahaman. Facebook merupakan jejaring sosial yang sifatnya terbuka.
Haruslah disadari menulis status di wall facebook dan mengomentari status teman
adalah sama halnya seperti obrolan di kehidupan nyata. bahkan efeknya mungkin
lebih parah karena bahasa tulisan terkadang dapat menimbulkan masalah antar
sesama pengguna facebook terutama para pelajar. Bahkan dapat memicu perkelahian
antar sesame pelajar.
§ Penipuan. Seperti media online lainnya,
facebook dapat dimanfaatkan sebagai modus berkenalan dan akhirnya menjadi akrab
di dunia maya, namun ternyata ujung-ujungnya digunakan untuk melakukan penipuan
atau tindakan kriminal bahkan sampai kasus pembunuhan
§ Mengganggu
kesehatan.
Facebook membuat pelajar berlama-lama duduk di depan komputer, padahal
duduk berlama-lama didepan komputer sangat mengganggu kesehatan seperti
kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah rapuh.
§ Lupa
waktu. Update
status, upload foto, mengobrol atau melihat dinding teman facebook memang sangat
mengasikkan. Sehingga para pelajar terkadang lupa waktu untuk belajar atau
mengerjakan tugas sekolah.
§ Memicu
pelajar bunuh diri.
Facebook bisa mendorong pelajar memiliki pandangan bahwa pertemanan adalah
sebuah komoditas. Hal itu bisa memicu keinginan untuk bunuh diri, ketika
hubungan tidak berjalan lagi.
§ Lenyapnya
adat kebiasaan tradisional.
banyak adat kebiasaan tradisonal yang tidak lagi dilakukan karena Facebook.
Misalnya kalau lebaran dulu kita bersilaturahmi dengan berkunjung ke rumah para
tetangga, teman dan saudara. Tapi karena sudah ada facebook. Maka banyak orang
yang mengucapakn lebaran melalui facebook. Sehingga lama kelamaan kebiasaan
silaturahmi dengan berkunjung akan semakin menghilang.
§ Membuat
pelajar menjadi tertutup. Setiap pengguna facebook pasti akan cenderung
menjadi orang yang tertutup termasuk pelajar. Pelajar akan lebih sering
menghabiskan waktunya untuk berkomunikasi menggunakan facebook dibandingkan
dengan berbicara dengan teman atau keluarga secara langsung.
§ Mengungkap
kehidupan pribadi.
Banyak pengguna facebook termasuk pelajar yang memajang foto-foto pribadinya di
Facebook tanpa menyadari bahaya yang sedang mengintainya. Seperti bahaya
penculikan yang sering terjadi di kalangan masyarakat.
§ Menurunkan
kinerja. Telah
diketahui bahwa sebagian besar para pelajar menggunakan Facebook pada saat jam belajar sedang berlangsung, karena alasan
jenuh, refreshing, mendinginkan otak dan lain sebagainya. Artinya, telah
terjadi pengurangan waktu untuk belajar dan menyelesaikan kewajibannya.
§ Bocornya
data rahasia pada khalayak. Tak jarang para
pengguna facebook termasuk pelajar tidak menyadari bahwa beberapa data
penting yang tidak semestinya ditampilkan secara terbuka di dunia maya, namun
karena default dari info kita terlupakan untuk menutup. Sehingga data-data
penting tersebut dapat tersebar meluas di dunia maya
§ Terjadinya
pornografi. Tak
dapat dihindari, sebagaimana situs jejaring sosial lainnya, tentu ada saja para
pihak yang memanfaatkan situs tersebut untuk kegiatan yang berbau pornografi
dan pemberitaan pada berbagai media massa, yang banyak memaparkan kejadian
asusila tersebut. Hal ini sangat bedampak nagatif bagi para pelajar. terutama
terhadap etika dan pola berpikir mereka. Etika mereka akan menjadi lebih buruk
dan juga mereka akan lebih sering berpikiran yang negatif tentang kejadian
asusila yang tersebar di dunia maya.
4.4.Pengaruh facebook bagi
prestasi pelajar
Dari
pembahasan tentang manfaat dan negatif penggunaan facebook. Kita dapat
mengetahui bahwa facebook sangat memengaruhi prestasi pelajar. Prestasi pelajar
akan cenderung menurun. Hal ini disebabkan Karena facebook dapat mengurangi
konsentrasi belajar, membuat pelajar jadi lupa waktu untuk belajar, karena
semua waktunya hanya dihabiskan untuk facebookan. Selain itu, kinerja pelajar
juga menurun. Hal ini terbukti dari para pelajar yang belum selesai mengerjakan
tugas sekolah tetapi dia telah membuka situs jejaring sosial, yaitu facebook.
Sehingga terkadang banyak pelajar yang tidak dapat menyelesaikan tugas mereka
dengan baik. Selain itu, mereka juga akan cenderung memiliki kepribadian yang
tertutup. Jika para pelajar terus menerus seperti ini. Maka, apa jadinya
bangsa ini? Generasi muda yang seharusnya memiliki intelektual yang tinggi,
tapi hanya karena jejaring sosial yang bernama FACEBOOK dapat melemahkan generasi
muda penerus bangsa.
4.5.Tindakan
yang dapat dilakukan untuk mengatasinya
Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi
dampak negatif tersebut :
- Mengatur waktu. kita harus mengatur waktu kita, kapan kita membuka facebok dan kapan kita mengerjakan tugas kita. misalnya 4x seminggu. Hal ini di lakukan agar kita tidak terikat dengan facebook.
- Menghargai orang lain. Dengan mengharai orang lain, kita tidak akan mengejek orang tersebut. Bahkan mengejek atau menyindir orang tersebut di facebook.
- Bisa menentukan prioritas. Kita harus bisa membedakan mana yang lebih penting antara tugas kita dengan membuka facebook.
- Kita harus mengetahui fungsi facebook. Bila kita mengetahui fungsi facebook, kita tidak akan menyalah gunakannya.
- Membatasi membuka facebook. Dengan membatasi membuka facebook, tidak akan terjadi pemborosan.
BAB
V
PENUTUP
4.6.Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan diatas, kita dapat
menarik kesimpulan.
Facebook merupakan jejaring sosial
yang sangat populer di kalangan masyarakat pada saat ini. Facebook juga
merupakan jejaring sosial yang sangat mudah di akses, bisa melalui laptop,
ipad, android, maupun hanphone. Karena
begitu mudahnya mengakses facebook, para pelajar memanfaatkan facebook sebagai
hiburan yang dapat menghilangkan stress karena banyaknya tugas dari sekolah. Ditambah
lagi dengan adanya akses facebook gratis yang disediakan oleh beberapa operator
besar. Hal ini dapat membuat para pelajar pengguna facebook menjadi lupa waktu.
Mereka akan lebih sering melupakan segala tugas mereka, mulai dari tugas
membantu orang tua dirumah maupun tugas mereka sebagai pelajar.
Meskipun pada awalnya facebook
memiliki banyak manfaat. Tetapi, jika para pelajar mengakses facebook secara
berlebihan. Maka facebook akan memberi banyak dampak nagatif bagi mereka. Mulai
dari konsentrasi belajar mereka yang mulai menurun hingga nilai mereka juga
ikut menurun drastis. Selain itu, facebook juga dapat memicu perkelahian antar
sesama pelajar, tindakan kriminal, penipuan, hingga etika mereka yang semakin
memburuk.
4.7.Saran
Sebagai pengguna facebook khususnya para
pelajar, sebaiknya tidak menggunakan facebook secara berlebihan dan harus
melihat fungsi facebook itu sendiri. Pada awalnya facebook berfungsi sebagai
sarana pertemanan dan komunikasi di dunia maya. Dengan menggunakan fecebook
kita akan lebih sering menghabiskan waktu hanya untuk facebookan. Waktu yang
seharusnya bisa kita gunakan untuk kegiatan-kegiatan positif seperti belajar,
membantu kedua orang tua dan bersosialisasi dengan masyarakat, tapi hanya
terbuang sia-sia.
Selain itu, kita juga harus bisa
mempertanggungjawabkan setiap tulisan yang telah kita ketik di facebook, mulai
dari membuat status, mengomentari status teman, maupun mengirim pesan dinding
kepada teman yang ada di facebook. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman yang
dapat memicu perkelahian antar sesama pelajar.
Dengan menggunakan facebook atau
jejaring sosial lainnya dengan baik, benar dan penuh tanggungjawab, maka kita
akan merasa lebih nyaman dan aman ketika menggunakan facebook atau jejaring
sosial lainnya. Selain itu, kita juga tidak akan melupakan tugas kita sebagai seorang
pelajar, yaitu terus belajar demi meraih cita-cita yang diimpikan.
DAFTAR
PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/facebook di akses 24 Mei 2013
http://media-bloggerku.blogspot.com/2013/03/apa-itu-facebook-sejarah-dan-pengertian.htm. di akses 24 Mei 2013
http://www.carakumembuat.com/2012/04/beberapa-manfaat-facebook-bagi-pelajar.html di akses 28 Mei 2013
makasih telah membantu
BalasHapus